TRANSLATE

CARA MENGINSTAL DUAL BOOT


Kali ini saya mau berbagi sedikit pengalaman soal operating system terbaru dari microsoft yakni windows 7. Windows 7 memang bagus dan punya banyak kelebihan dibanding beberapa OS keluaran Microsoft sebelumnya. Tetapi sebelum anda mengupgrade OS pc anda ke windows 7 , sebaiknya anda pertimbangkan dulu beberapa hal, karena saya pernah mengalami beberapa hal yang kurang mengenakkan dari windows 7. Diantara hal-hal kurang mengenakkan dari windows 7 yang pernah saya alami adalah masalah kompatibilitas atau kecocokkan dari beberapa aplikasi dan games yang sebelumnya berjalan mulus di OS sebelumnya tetapi tidak berjalan dengan baik di windows 7 atau bahkan tidak bisa dibuka sama sekali. Dan masalah lainnya yakni masalah driver yang tidak bisa diinstal pada windows 7 sehingga tidak semua hardware pc saya tidak bisa difungsikan secara optimal dan bahkan ada yang tidak berfungsi sama sekali. Jangan sampai anda menyesal nantinya karena OS yang sudah diupgrade tidak bisa diaturunkan atau dikembalikan ke OS lama kecuali anda harus merelakan semua aplikasi dan data yang terinstal pada OS anda.
Tapi bagi anda yang penasaran dan ingin mencoba keunggulan windows 7 tapi masih sayang dengan OS lama anda, saya sarankan untuk menginstalnya di partisi lain yang terpisah dengan partisi yang sudah terinstal OS yang lama sehingga anda tidak perlu mengupgrade atau menghilangkan OS lama anda. Natinya anda mempunyai 2 OS yang terinstal dalam 1 PC anda atau hal ini lebih dikenal dengan istilah Dual boot.
Menginstal dual boot sangat mudah. Pada saat anda memulai pengistalan baik itu dari CD/DVD atau flashdisk akan muncul 2 pilihan yakni Upgrade dan Advanced, anda pilih saja yang Advanced. Setelah anda memilih Advanced akan muncul pilihan partisi mana yang akan anda pasangi windows 7. Tapi ingat, sebelum anda memilih partisi mana yang akan anda pasangi windows 7, pastikan bahwa semua data yang ada di partisi tersebut sudah dibackup terlebih dahulu. Agar lebih mudah anda bisa mengcopykan data-data anda ke partisi lain yang tidak akan dipasangi windows 7. Setelah anda yakin bahwa data-data anda sudah aman silahkan anda instal windows 7 di partisi yang anda kehendaki.
Tidak masalah anda menginstal OS baru anda di partisi mana saja. Contohnya jika anda sudah memiliki OS lama yang terinstal di partisi C, anda bisa menginstal OS baru anda di pastisi B, D, atau E asalkan tidak menimpa OS yang lama karena itu tidak mempengaruhi proses penginstalan atau kinerja dari OS anda.

0 komentar:

Posting Komentar